Jumat, 26 April 2024

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Th.2017/2018

SMKN 5 Madiun menyambut peserta didik baru dengan mengadakan kegiatan MPLS Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah yang diselenggarakan pada tanggal 17 -21 Juli 2017. Pada kesempatan kali ini proses dan tahapan pengenalan sekolah sedikit mengalami perubahan mulai dari nama yang sebelumnya adalah Masa Orientasi Sekolah (MOS) dan sekarang berubah menjadi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bukan ajang perpeloncoan atau yang lebih sering dikenal BULLYING.
“Masa pengenalan lingkungan sekolah adalah kegiatan awal untuk saling mengenal, menumbuhkan rasa kekeluargaan bagi seluruh warga sekolah ujar Kepala SMKN 5 Madiun, Bpk Gathot Kususanto, M.Sp di hadapan para peserta didik baru kelas X tahun ajaran 2017/2018”. MPLS harus menjadi sarana bagi siswa untuk secara positif mengenal profil lingkungan sekolah, program dan peraturan serta budaya sekolah agar kegiatan belajar dan mengajar dapat berjalan baik. Pada kegiatan MPLS di SMKN 5 Madiun melibatkan guru-guru dan dibantu oleh pengurus OSIS agar kegiatan MPLS berjalan efektif dan menghindari perpeloncoan.
Tujuan diadakan MPLS diantaranya memperkenalkan siswa pada lingkungan sekolah yang baru, memperkenalkan siswa pada seluruh komponen sekolah beserta aturan,norma,budaya, dan tata tertib yang berlaku di dalamnya, serta menanamkan berbagai wawasan dasar siswa sebelum memasuki kegiatan pembelajaran secara formal di kelas.

Adapun materi MPLS di SMKN 5 Madiun sebagai berikut :

  1. Pengenalan Program Sekolah
  2. Pengenalan Program Sarana dan Prasarana
  3. Pengenalan Program Kurikulum
  4. Pengenalan Program Kompetensi Keahlian
  5. Sosialisasi Bahaya Narkoba
  6. Penyuluhan Kenakalan Remaja
  7. Pengenalan Eskul dan OSIS
  8. Wawasan Wiyatamandala
Pemateri MPLS terdiri atas: Kepala Sekolah, seluruh Wakil Kepala Sekolah, Guru, para Pembina Eskul dan dibantu pengurus OSIS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *