KETENTUAN UMUM
- Harus mempertimbangkan jarak tempat tinggal dengan sekolah tujuan
- Hanya diijinkan mendaftar sekali dan tidak boleh dicabut
- Hanya dapat memilih 1 (satu) jenis sekolah tujuan, SMA atau SMK saja
- Yang diterima di sekolah tujuan wajib mentaati pelaksanaan Wawasan Wiyata Mandala, ketentuan peraturan sekolah dan membuat surat pernyataan yang ditetapkan sekolah
- Wajib mendaftar ulang sesuai jadwal yang telah ditentukan dengan menyerahkan tanda bukti pendaftaran
- Apabila tidak melakukan daftar ulang, dinyatakan mengundurkan diri
- Yang sudah diterima di salah satu jalur tidak dapat mendaftar di jalur yang lain
- Daerah dan program keahlian tertentu yang memiliki kekhususan akan diperlakukan ketentuan tersendiri
- Kartu Keluarga (KK) yang digunakan sebagai syarat pendaftaran adalah KK yang diterbitkan minimal 1 Januari 2016
- Penerimaan Peserta Didik Baru dengan sistem online di lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur 2017/2018 untuk SMA/SMK/SLB tidak dipungut biaya
PERSYARATAN PESERTA SMK
- Telah Lulus SMP, SMP Terbuka, SMPLB dan MTs, memiliki Ijazah dan STL/STK atau Surat Keterangan Lulus tahun pelajaran 2016/2017 dan sebelumnya
- Program Paket B memiliki Ijazah dan STL Program Paket B setara SMP Lulus tahun pelajaran 2016/2017 dan sebelumnya
- Usia maksimal 21 tahun pada saat awal tahun pelajaran 2017/2018
- Tidak terlibat dalam tindak pidana, narkoba, bertato dan bertindik
- Memenuhi syarat sesuai ketentuan spesifik bidang/program keahlian
- Pas foto berwarna terbaru 3×4 2 lembar.
- Surat keterangan sehat terbaru dari rumah sakit pemerintah/puskesmas
- Bagi yang sudah diterima,
- wajib mengikuti tes bakat dan minat yang diselenggarakan sekolah yang dituju
- Menyerahkan hasil tes kesehatan (tidak buta warna) dari dokter Pemerintah, khusus untuk bidang keahlian Teknologi dan Rekayasa, TIK.
PILIHAN KOMPETENSI KEAHLIAN
- Akuntansi (AK) – 4 Kelas
- Administrasi Perkantoran Reguler (AP) – 2 Kelas
- Administrasi Perkantoran Kelas INKA (AP-INKA) – 1 Kelas
- Pemasaran (PMS) – 2 Kelas
- Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) – 2 Kelas
- Perbankan Syariah (PS) – 1 Kelas
MEKANISME JALUR PENDAFTARAN
JALUR PRESTASI
AKADEMIK / NON AKADEMIK :
- Mengisi Formulir Pendaftaran yang disediakan panitia.
- Menyerahkan Fotocopi SHUN / Surat Keterangan Lulus legalisir dan menunjukkan aslinya
- Piagam/Sertifikat asli dilengkapi dokumentasi sesuai prestasi di bidang akademik atau non akademik minimal tingkat kabupaten/kota
- Surat Keterangan Berprestasi dari Sekolah Asal
- Kejuaraan yang diikuti bila beregu, maksimal 3 (tiga) orang
- Sertifikat dikeluarkan oleh Lembaga yang diakui oleh pemerintah/swasta
MITRA WARGA
- Diperuntukkan bagi calon peserta didik miskin
- Mendaftar di sekolah yang berdekatan dengan tempat tinggal
- Calon peserta didik menyerahkan :
- Fotocopi SHUN / Surat Keterangan Lulus legalisir dan menunjukkan aslinya
- Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Kelurahan/Desa.
- Foto copy Kartu Indonesia Pintar (KIP / Kartu Jamkesmas/ Kartu Gakin)
- Foto copy Kartu Keluarga
- Sekolah wajib melakukan survey ketempat tinggal calon peserta didik
JALUR BIDIK MISI (Biaya Pendidikan Peserta Didik Miskin Berprestasi)
- Diperuntukkan bagi calon peserta didik miskin dan memiliki prestasi akademik.
- Mendaftar di sekolah yang berdekatan dengan tempat tinggal
- Diseleksi berdasarkan nilai UN dengan nilai rata-rata 8,5 dan tidak ada nilai di bawah 7,0 untuk setiap mapel
- Calon peserta didik menyerahkan :
- Fotocopi SHUN / Surat Keterangan Lulus legalisir dan menunjukkan aslinya
- Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Kelurahan/Desa.
- Foto copy Kartu Indonesia Pintar (KIP / Kartu Jamkesmas/ Kartu Gakin)
- Foto copy Kartu Keluarga
- Sekolah wajib melakukan survey ketempat tinggal calon peserta didik
JALUR INKLUSI
- Calon peserta didik yang mengalami hambatan berat disarankan mendaftar ke SLB/PK-LK
- Melampirkan hasil assesmen awal (fisik/psikologis, akademik, fungsional, sensor dan motorik)
- Diprioritaskan yang bertempat tinggal dekat dengan sekolah penyelenggara
JADWAL PELAKSANAAN OFFLINE
No | Kegiatan | Tanggal | Waktu | Lokasi |
---|---|---|---|---|
1 | Pendaftaran | 12-14 Juni 2017 | 08.00-14.00 WIB | SMKN 5 Madiun |
2 | Verifikasi dan Validasi | 14 -16 Juni 2017 | SMKN 5 Madiun | |
3 | Pengumuman | 17 Juni 2017 | 08.00 WIB | SMKN 5 Madiun |
4 | Daftar Ulang | 17 dan 19 Juni 2017 | 08.00-14.00 WIB | SMKN 5 Madiun |
JALUR ONLINE
- Pendaftaran dilakukan secara mandiri atau di salah satu sekolah penyelenggara, melalui portal
- Dasar seleksi berdasarkan total Nilai Ujian Nasional (UN)
- Apabila jumlah total nilai sama, kriteria berdasarkan : Matematika, IPA, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Waktu Pendaftaran
JADWAL PELAKSANAAN ONLINE
No | Kegiatan | Tanggal | Waktu | Lokasi |
---|---|---|---|---|
1 | Verifikasi & Cetak PIN | 05-22 Juni 2017 | 08.00-14.00 WIB | SMKN 5 Madiun |
2 | Simulasi Pendaftaran PPDB Online | 05-22 Juni 2017 | 24 Jam | Online |
3 | Pendaftaran PPDB Jalur Reguler | 03-06 Juli 2017 | 24 Jam | Online |
4 | Penutupan PPDB Jalur Reguler | 06 Juli 2017 | 24.00 WIB | Online |
5 | Pengumuman PPDB Jalur Reguler | 07 Juli 2017 | 00.30 WIB | Online |
6 | Daftar Ulang | 07-08 Juli 2017 | 08.00-15.30 WIB | SMKN 5 Madiun |
7 | Hari Pertama Masuk Sekolah | 17 Juli 2017 | - | SMKN 5 Madiun |
* Keterangan lebih lanjut dapat ditanyakan ke Panitia PPDB SMKN 5 Madiun Jl. Merak No 5 Madiun.
Pak kalo mau pindah jurusan diperbolehkan apa tidak.??