Jumat, 29 Maret 2024

Pelaksanaan UTS Berbasis Komputer

SMK Negeri 5 Madiun akan mengembangkan program evaluasi pembelajaran online atau yang biasa dikenal Computer Based Test (CBT). Hal itu disampaikan oleh Kepala SMKN 5 Madiun. Drs. Gathot Kususanto, M.Sp.

Beliau mengatakan, rencana itu mengacu ujicoba ujian tengah semester (UTS) berbasis komputer yang dilakukan beberapa waktu yang lalu. Dia mengatakan, pelaksanaan UTS CBT di sekolahnya berjalan lancar.
“Makanya kami akan pastikan segala hal berhubungan tes berbasis komputer. Ini tak hanya baik bagi siswa tapi juga bagi guru untuk meningkatkan kualitas diri,” katanya.

“Pelaksanaan UTS model CBT telah berjalan lancar walau terkendala oleh kemampuan sumber daya listrik yang saat ini belum memadai namun ke depan sekolah akan meningkatkan daya listrik agar mampu mencukupi kebutuhan untuk sekolah.” tambahnya.

Waka Kurikulum SMKN 5 Madiun, Herna Riyanto menambahkan, pelaksanaan UTS CBT di sekolahnya berbeda dengan UN online. Dia mengungkapkan, saat UN anak-anak mengerjakan soal dengan bantuan komputer. Sementara UTS kali ini ada beberapa siswa cukup pakai gadget berupa smartphone maupun tablet. Setidaknya para siswa harus sudah terbiasa dengan ujian berbasis komputer walau nantinya aplikasi untuk UN berbeda dengan CBT di sekolah.

“Kami pakai server lokal yang telah disiapkan aplikasinya oleh Tim ICT SMKN 5 Madiun, Begitu login anak tidak bisa terkoneksi dengan internet. Jadi tidak bisa browsing dan lainnya. Soal pun teracak secara otomatis,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *