Senin, 26 Juni 2017
Brightening to The Future

Beranda » Info Sekolah » Berita Sekolah » Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMK NEGERI 5 MADIUN Th. Ajaran 2017/2018

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMK NEGERI 5 MADIUN Th. Ajaran 2017/2018

KETENTUAN UMUM

  1. Harus mempertimbangkan jarak tempat tinggal dengan sekolah tujuan
  2. Hanya diijinkan mendaftar sekali dan tidak boleh dicabut
  3. Hanya dapat memilih 1 (satu) jenis sekolah tujuan, SMA atau SMK saja
  4. Yang diterima di sekolah tujuan wajib mentaati pelaksanaan Wawasan Wiyata Mandala, ketentuan peraturan sekolah dan membuat surat pernyataan  yang ditetapkan sekolah
  5. Wajib mendaftar ulang sesuai jadwal yang telah ditentukan dengan menyerahkan tanda bukti pendaftaran
  6. Apabila tidak melakukan daftar ulang, dinyatakan mengundurkan diri
  7. Yang sudah diterima di salah satu jalur tidak dapat mendaftar di jalur yang lain
  8. Daerah dan program keahlian tertentu yang memiliki kekhususan akan diperlakukan ketentuan tersendiri
  9. Kartu Keluarga (KK) yang digunakan sebagai syarat pendaftaran adalah KK yang diterbitkan minimal 1 Januari 2016
  10. Penerimaan Peserta Didik Baru dengan sistem online di lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi  Jawa Timur 2017/2018 untuk SMA/SMK/SLB tidak dipungut biaya

PERSYARATAN PESERTA SMK

  1. Telah Lulus SMP, SMP Terbuka, SMPLB dan MTs, memiliki Ijazah dan STL/STK atau Surat Keterangan Lulus tahun pelajaran 2016/2017 dan sebelumnya
  2. Program Paket B memiliki Ijazah dan STL Program Paket B setara SMP Lulus tahun pelajaran 2016/2017 dan sebelumnya
  3. Usia maksimal 21 tahun pada saat awal tahun pelajaran 2017/2018
  4. Tidak terlibat dalam tindak pidana, narkoba, bertato dan bertindik
  5. Memenuhi syarat sesuai ketentuan spesifik bidang/program keahlian
  6. Pas foto berwarna terbaru 3×4 2 lembar.
  7. Surat keterangan sehat terbaru dari rumah sakit pemerintah/puskesmas
  8. Bagi yang sudah diterima,
    • wajib mengikuti tes bakat dan minat yang diselenggarakan sekolah yang dituju
    • Menyerahkan hasil tes kesehatan (tidak buta warna) dari dokter Pemerintah, khusus untuk bidang keahlian Teknologi dan Rekayasa, TIK.

PILIHAN KOMPETENSI KEAHLIAN

  1. Akuntansi (AK) – 4 Kelas
  2. Administrasi Perkantoran Reguler (AP) – 2 Kelas
  3. Administrasi Perkantoran Kelas INKA (AP-INKA) – 1 Kelas
  4. Pemasaran (PMS) – 2 Kelas
  5. Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) – 2 Kelas
  6. Perbankan Syariah (PS) – 1 Kelas

MEKANISME JALUR PENDAFTARAN

 

 

 

 

 

 

JALUR PRESTASI

AKADEMIK / NON AKADEMIK :

  • Mengisi Formulir Pendaftaran yang disediakan panitia.
  • Menyerahkan Fotocopi SHUN / Surat Keterangan Lulus legalisir dan menunjukkan aslinya
  • Piagam/Sertifikat asli dilengkapi dokumentasi sesuai prestasi di bidang akademik atau non akademik minimal tingkat kabupaten/kota
  • Surat Keterangan Berprestasi dari Sekolah Asal
  • Kejuaraan yang diikuti bila beregu, maksimal 3 (tiga) orang
  • Sertifikat dikeluarkan oleh Lembaga yang diakui oleh pemerintah/swasta

MITRA WARGA

  • Diperuntukkan bagi calon peserta didik miskin
  • Mendaftar di sekolah yang berdekatan dengan tempat tinggal
  • Calon peserta didik menyerahkan :
    • Fotocopi SHUN / Surat Keterangan Lulus legalisir dan menunjukkan aslinya
    • Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari  Kelurahan/Desa.
    • Foto copy Kartu Indonesia Pintar (KIP / Kartu Jamkesmas/ Kartu Gakin)
    • Foto copy Kartu Keluarga
  • Sekolah wajib melakukan survey ketempat tinggal calon peserta didik

JALUR BIDIK MISI (Biaya Pendidikan Peserta Didik Miskin Berprestasi)

  • Diperuntukkan bagi calon peserta didik miskin dan memiliki prestasi akademik.
  • Mendaftar di sekolah yang berdekatan dengan tempat tinggal
  • Diseleksi berdasarkan nilai UN dengan nilai rata-rata  8,5 dan tidak ada nilai di bawah  7,0 untuk setiap mapel
  • Calon peserta didik menyerahkan :
    • Fotocopi SHUN / Surat Keterangan Lulus legalisir dan menunjukkan aslinya
    • Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari  Kelurahan/Desa.
    • Foto copy Kartu Indonesia Pintar (KIP / Kartu Jamkesmas/ Kartu Gakin)
    • Foto copy Kartu Keluarga
  • Sekolah wajib melakukan survey ketempat tinggal calon peserta didik

JALUR INKLUSI

  • Calon peserta didik yang mengalami hambatan berat disarankan mendaftar ke SLB/PK-LK
  • Melampirkan hasil assesmen awal (fisik/psikologis, akademik, fungsional, sensor dan motorik)
  • Diprioritaskan yang bertempat tinggal dekat dengan sekolah penyelenggara

JADWAL PELAKSANAAN OFFLINE

NoKegiatanTanggalWaktuLokasi
1Pendaftaran12-14 Juni 201708.00-14.00 WIBSMKN 5 Madiun
2Verifikasi dan Validasi14 -16 Juni 2017SMKN 5 Madiun
3Pengumuman17 Juni 201708.00 WIBSMKN 5 Madiun
4Daftar Ulang17 dan 19 Juni 201708.00-14.00 WIBSMKN 5 Madiun

JALUR ONLINE

  • Pendaftaran dilakukan secara mandiri atau di salah satu sekolah penyelenggara, melalui portal
  • Dasar seleksi berdasarkan total Nilai Ujian Nasional (UN)
  • Apabila jumlah total nilai sama, kriteria berdasarkan : Matematika, IPA, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Waktu Pendaftaran

JADWAL PELAKSANAAN ONLINE

NoKegiatanTanggalWaktuLokasi
1Verifikasi05-22 Juni 201708.00-14.00 WIBSMKN 5 Madiun
2Simulasi Pendaftaran PPDB Online05-22 Juni 201724 JamOnline
3Pengambilan PIN03 Juli 201708.00-14.00 WIBSMKN 5 Madiun
4Pendaftaran PPDB Jalur Reguler03-06 Juli 201724 JamOnline
5Penutupan PPDB Jalur Reguler06 Juli 201724.00 WIBOnline
6Pengumuman PPDB Jalur Reguler07 Juli 201700.30 WIBOnline
7Daftar Ulang07-08 Juli 201708.00-15.30 WIBSMAN/SMKN Tujuan
8Hari Pertama Masuk Sekolah17 Juli 2017-SMAN/SMKN Tujuan

* Keterangan lebih lanjut dapat ditanyakan ke Panitia PPDB SMKN 5 Madiun Jl. Merak No 5 Madiun.

Translate »
Kelas INKA SMKN 5 Madiun

Pembukaan Kegiatan In Service Training (IN-1) Program Keahlian Ganda TKJ di SMKN 5 Madiun

Close