Kamis, 25 April 2024
Salah satu guru (Ibu Wahiddah) sedang menjalankan aplikasi e-raport.

Pelatihan Penilaian Raport K-13 Bagi Guru

Sabtu, 06/12/2014 seusai ulangan kompetensi bersama bertempat di Ruang Guru SMK Negeri 5 Madiun telah diadakan pelatihan pengisian raport kurikulum 2013 yang bertujuan untuk memberikan bekal kepada guru-guru baik wali kelas dan guru mata pelajaran dalam pengisian raport kurikulum 2013.
Pengisian raport ini menggunakan aplikasi berbasis web yang mudah digunakan dalam mengolah nilai. Aplikasi raport berbasis web yang dinamai e-raport ini tidak hanya ditujukan bagi guru namun juga siswa atau wali murid untuk melihat nilai putra-putrinya secara cepat sebelum raport dibagikan. Aplikasi yang dibuat oleh TIM ICT SMKN 5 Madiun ini bertujuan agar semua warga sekolah dapat melek IT sesuai dengan visi misi sekolah.
Kegiatan yang diikuti oleh semua guru kelas X, XI, XII. Sedangkan khusus kelas XII masih menggunakan KTSP sehingga penilaiannya berbeda dan guru wali kelasnya sudah terbiasa menggunakan aplikasi ini sejak 3 tahun yang lalu, kegiatan yang dipandu oleh Pokja Kurikulum dan disampaikan oleh Tim ICT diikuti peserta yang berjumlah 50 orang tersebut merupakan program untuk semester 1 tahun pelajaran 2014/2015.
Semua guru terlibat bukan hanya wali kelas dikarenakan aplikasi ini guru mapel dituntut untuk memasukkan sendiri nilainya pada server sehingga beban wali kelas terkurangi. Walaupun terdapat kegalauan mengenai kurikulum 2013 atas edaran surat Mendikbud dimana K-13 tidak lagi digunakan semester depan para guru-guru tetap optimis menggunakan aplikasi ini karena memuat juga rapor KTSP sehingga juga wajib digunakan pada semester mendatang.
Dengan diadakan kegiatan tersebut diharapkan semua guru dalam melaksanakan teknologi tidak hanya dalam mengajar namun juga dalam mengolah nilai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *