Pada akhir semester ini SMK Negeri 5 Madiun mengadakan supervisi dan evaluasi bagi semua guru, walau kegiatan ini sedikit molor dari jadwal yang dikarenakan banyaknya kegiatan menjelang Ujian Nasional sehingga dapat dilaksanakan pada akhir semester. Kegiatan yang dilakukan oleh Kepala Sekolah Bpk. Drs. Gathot Kususanto, M.Sp dan guru senior yang ditunjuk oleh Kepala Sekolah sedianya akan dilaksanakan selama bulan Mei 2014.

Kegiatan Pemantauan, Supervisi, Evaluasi dan Tindak Lanjut adalah suatu kegiatan penjaminan mutu (Quality Assurane) di bidang pendidikan untuk memastikan bahwa semua proses yang terkait dan kualitas produk telah melalui proses perencanaan, pelaksanaan dan Uji Produk.

Dalam ilmu manajemen Modern diyakini bahwa Produk yang berkualitas dapat dihasilkan melalui proses Perencanaan yang baik, pelaksanaan yang baik dan uji produk yang baik. Demikian halnya dengan dunia pendidikan, Lulusan yang baik akan diperoleh jika proses pembelajaran sebagai proses produksinya dilaksanakan melalui proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi belajar yang baik. Kepala Sekolah sebagai Direktur Produksi dan wakil Kepala Sekolah sebagai Manager bagian produksi harus memastikan bahwa semua bagian produksi (Guru-guru) melaksanakan proses produksi (pembelajaran) telah dilaksanakan melalui proses perencanaan (penyusunan RPP), dilaksanakan sesuai perencanaan dan di evluasi sesuai standar kualitas produk (KKM). Untuk itu maka Direktur dan manajer kemudian melaksanakan kegiatan pemantauan, supervisi, evaluasi dan tindak lanjut .