Senin, 23 Oktober 2017
Brightening to The Future

SMKN 5 Madiun
Beranda » News » UN » UN Online Di Ujicoba Tahun 2015

UN Online Di Ujicoba Tahun 2015

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan baru akan melakukan ujicoba ujian nasional (UN) secara online, tahun 2015 mendatang.

Prototipe-nya sudah siap, baik itu sistem maupun bentuk soalnya. UN online 2015 kita buat sebagai pilot project,” kata Plt Kepala Puspendik Kemendikbud, Nizam di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dia menjelaskan, persiapan pelaksanaan UN online bertahap. Untuk tahun 2014 ini penerapannya baru untuk sekolah-sekolah Indonesia di luar negeri, seperti Malaysia, Singapura dan Belanda.

“Kami kirim soal ke luar negeri karena di sana sudah siap infrastrukturnya,” ujar Nizam.

Sementara di dalam negeri, sambung Nizam, masih memerlukan penyesuaian. Hal tersebut terkait kesiapan infrastruktur teknologi di berbagai daerah.

Positifnya, kata dia, sekolah-sekolah di Indonesia menyambut antusias rencana UN online. Apalagi banyak sekolah yang sudah lengkap sistem komputernya.

“Sudah banyak yang menulis pakai komputer daripada pakai tangan,” ujar dia

“Di Indonesia wilayah Timur, seperti Papua misalnya, sudah mulai menggunakan komputer,” imbuh dia.

Sejumlah sekolah bahkan sudah menggelar ulangan harian secara online. “Beberapa sekolah sudah mulai melakukan itu meski bukan untuk UN, tapi untuk ujian kelas. Sekolah inilah yang 2015 nanti akan menjadi pilot project. Jika dalam uji coba menunjukkan hasil yang positif maka kami coba 2016 secara bertahap. Kami lihat kondisi di lapangan,” tutur dia

Menurut dia, penerapan UN online merupakan salah satu pemanfaatan teknologi informasi yang kian pesat saat ini. Selain itu juga guna mencegah beberapa masalah yang kerap terjadi saat UN, yaitu pemborosan penggunaan kertas, keamanan, dan kebocoran soal.

Sumber : http://gayahidup.inilah.com/read/detail/2091120/kemendiknas-ujicoba-un-online-2015#.U1pqFHbMfIU

Translate »