Sabtu, 16 Desember 2017
Brightening to The Future

SMKN 5 Madiun
Beranda » Info Sekolah » Bursa Kerja » Hindari 9 Kesalahan Ini dalam Curriculum Vitae
Hindari 9 Kesalahan Ini dalam Curriculum Vitae

Hindari 9 Kesalahan Ini dalam Curriculum Vitae

Resume atau curriculum vitae (CV) adalah lampiran wajib saat Anda menulis surat lamaran kerja. Dia merupakan medium yang dapat Anda manfaatkan untuk membuat kesan pertama yang bagus di mata manajer personalia sebuah perusahaan.

Ketika menyiapkan CV, anggap saja seperti memperkenalkan diri kepada seseorang atau seperti ingin pergi berkencan. Bagaimana Anda akan menampilkan diri? Apa yang Anda pikir mereka inginkan?

Agar terhindar dari kesalahan, simak tips berikut seperti dilansir laman College Candy, Kamis (3/4/2014).

1. Halaman
Standar panjang CV maksimal adalah tiga halaman. Pastikan Anda tidak luput memberikan informasi penting tentang kualifikasi yang Anda miliki.

2. Format
Menulis CV tidak sama dengan menulis esai. Tulislah keterangan dalam CV Anda menggunakan paragraf pendek. Jangan lupa untuk menyertakan pengalaman kerja yang paling relevan dan baru-baru ini. Informasi kontak harus di atas dan referensi di bagian bawah, serta jaga CV Anda tetap bersih untuk dibaca.

3. Fokus
Ibarat penulis, Anda harus menyadari betul siapa audiens Anda. Tulislah CV sesuai target pembaca Anda. Gunakan kata-kata kunci yang sesuai dengan deskripsi pekerjaan dan kualifikasi yang mereka cari.

4. Informasi
CV adalah sarana Anda mempromosikan diri Anda. Jadi, jangan memberikan terlalu sedikit informasi tentang diri Anda. Gambarkanlah kesuksesan Anda dengan melampirkan bukti yang mendukung.

5. Ringkas
Ringkasan atau profil merupakan salah satu bagian yang paling penting dan sulit dari sebuah CV. Hindari menempatkan terlalu banyak kata sifat samar dan subyektif.

6. Tepat
Biasanya para pelamar kerja tergoda untuk membuat CV yang umum dan berharap itu berlaku untuk setiap pekerjaan yang mereka incar. Cara ini membuat Anda terlihat malas dan tidak menunjukkan kepedulian tentang bidang pekerjaan yang Anda lamar. Luangkan waktu untuk menyesuaikan CV sesuai lowongan pekerjaan yang Anda minati.

7. Update
Lupa untuk memperbaharui surat lamaran kerja sama saja dengan bunuh diri. Pastikan Anda mencantumkan pengalaman kerja terbaru yang berbobot. Jangan lupa juga untuk memperbaharui daftar keahlian Anda.

8. Ejaan
Tidak ada alasan yang dapat diterima untuk salah ejaan atau tata bahasa yang jelek pada CV Anda.

9. Kontak
Salah satu yang paling umum adalah kesalahan dalam menuliskan informasi kontak. Pastikan Anda menuliskan nomor telepon dan alamat email dengan benar.

sumber : http://kampus.okezone.com/read/2014/04/02/370/964281/hindari-9-kesalahan-ini-dalam-cv

Translate »