Selasa, 25 Juli 2017
Brightening to The Future

SMKN 5 Madiun
Beranda » News » Go Green » Ayo..!! Kurangi Sampah Plastik Di Sekolah
Ayo..!! Kurangi Sampah Plastik Di Sekolah

Ayo..!! Kurangi Sampah Plastik Di Sekolah

SMK Negeri 5 Madiun tengah menerapkan Sekolah Adiwiyata atau sekolah peduli lingkungan yang sehat, bersih dan sehat. Salah satu yang akan diterapkan yaitu pengurangan sampah plastik dilingkungan sekolah. Sektor yang paling dikurangi penggunaannya yaitu di kantin. Sering banyaknya penjual yang menggunakan plastik sebagai bungkus dari makanan atau minuman tak elak sampah plastik inipun memenuhi tempat sampah yang ada di sekolah.

daur_ulangTahukah anda diperkirakan bahwa 500 juta sampai 1 milyar kantong plastik dikonsumsi diseluruh dunia setiap tahunnya. Ini berarti bahwa hampir mencapai 1 juta kantong plastik per menit. Bayangkan betapa banyak sampah yang kita hasilkan dan tentunya hal ini menjadi salah satu penyebab rusaknya lingkungan kita, khususnya di sekolah.

Berikut ini tips atau cara-cara mengurangi sampah plastik. Antara lain sebagai berikut :

1. Mengisi kembali botol minuman bekas dengan air matang dari rumah jika ke sekolah. Atau anda dapat menggunakan travel mug anda saat ke sekolah. Sehingga anda tidak perlu membeli minuman dalam kemasan. Selain lebih gaya, travel mug anda dapat mempertahankan hangatnya minuman dimanapun anda berada. Misalnya, isilah dengan kopi panas, susu coklat hangat, teh dan lain sebagainya. Pasti lebih nikmat dan andapun dapat bias mengurangi jumlah sampah khususnya sampah minuman kemasan.

2. Membawa sendiri tas plastik dari rumah dalam jumlah besar atau seperlunya dan memadai bila merencanakan untuk berbelanja. Simpanlah plastik bag tersebut dengan rapi agar bisa digunakan lain waktu. Hal ini dapat dapat mengurangi jumlah konsumsi sampah plastik.

3. Mengumpulkan dan memberikan sampah plastik kepada pemulung, tidak membuang dan membakarnya, karena pembakaran platik dapat menimbulkan pencemaran udara dan meracuni tanah. Kalo di sekolah kita yang mengumpulkan sampah plastik yaitu Mbah Jono, atas jasa beliau sampah plastik sedikit berkurang dan berdaya guna.

4. Memanfaatkan ulang botol/wadah platik untuk pot tumbuhan atau bentuk pekerjaan tangan yang lain.

5. Tidak menggunakan kemasan apapun berbahan dasar plastik untuk membawa atau membungkus nasi atau makanan lain. Gunakan daun pisang atau rantang.

6. Tidak membuang sampah (terutama sampah plastik) di sembarang tempat, melainkan membuangnya ditempat yang telah disediakan bagi sampah plastik. Sekarang sudah muncul beberapa tempat sampah khusus plastik. Buanglah pada tempat sampah ini. Karena sampah plastik ini nantinya akan di daur ulang.(yd)

Translate »
Foto: Pembukaan Program Adiwiyata

Close